WIBUSNI.ID
Historical

Persiapan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Salam sejahtera bagi kita semua dan kita sehat selalu,setelah usai perjuangan-perjuangan para pejuang melawan penjajah selama 3 abad lebih, mereka terus berjuang mempertahankan tanah air sampai titik darah penghabisan,hingga tepat pada saatnya Indonesia akan memproklamasikan kemerdekaannya yaitu tanggal 17 agustus 1945 yang di proklamasikan oleh Bapak Soekarno,yang menyatakan bahwa Indonesia telah merdeka, MERDERKA! MERDEKA! MERDEKA!.

Sebelum terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh para tokoh-tokoh nasional Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Pembentukan BPUPKI

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa jepang disebut sebagai dokuritsu jundi coosakai ini resmi dibentuk pada tanggal 1 maret 1945,tujuan dari pembentukkan badan ini adalah menyelidiki hal-hal yang penting untuk persiapan kemerdekaan Indonesia BPUPKI ini beranggotakan 63 orang serta didalamnya terdapat bebrapa perwakilan Arab,Indonesia dan Cina serta 7 orang jepang.

Pengurus BPUPKI terbentuk pada tanggal 29 april 1945 yang diketuai oleh Dr.Radjiman Wedyodiningrat,pada tanggal 28 mei 1945 diadakan upacara pelantikkan dan sidang pertama BPUPKI di gedung Chuo sangi in yang sekarang jadi gedung pancasila di Jalan pejambon jakarta,pada sidang pertama BPUPKI ini membahas tentang perumusan dan pembentukkan Undang-undang dasar,yang mana nantinya menjadi dasar bagi negara Indonesia. Pada sidang kedua BPUPKI yang berlangsung dari tanggal 10-17 juli 1945 ini membahas bentuk negara,rancangan Undang-undang dasar,kewarganegaraan,wilayah negara,pembelaan negara, ekonomi dan keuangan, pendidikan serta pengajaran.

Dalam rapat tersebut dibentuklah Panitia Perancang Undang-Undang Dasar yang beranggotakan 19 orang dengan ketua Ir. Soekarno, Panitia Ekonomi dan Keuangan diketuai Mohamad Hatta. dan Panitia Pembelaan Tanah Air dengan ketua Abikoesno Tjokrosoejoso. Pada tangal 13 Juli 1945 panitia perancang UUD mengadakan sidang hasil kerja dari panitia kecil perancang UUD yang kemudian hasilnya diumumkan pada tanggal 14 Juli 1945 yang isinya adalah pernyataan kemerdekaan indonesia,pembukaan undang-undang dasar,batang tubuh undang-undang dasar.

Setelah beberapa sidang telah dilakukan,maka terbentuklah perumusan dasar negara indonesia yang telah disepakati oleh panitia sembilan,panitia sembilan menyepakati sebagai perihal:

 

 

 

1.Bentuk negara, yaitu negara kesatuan

2.Bendera nasional, yang berwarna merah putih dan disebut Sang Merah Putih

3.Bentuk pemerintahan, yaitu Republik

4.Bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia

5.Pernyataan kemerdekaan Indonesia, Pembukaan Undang-Undang Dasar dan Batang Tubuh Undang-Undang Dasar

Pembentukan PPKI

Lalu pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan membentuk PPKI atau dalam bahasa jepangnya dokuritsu zyumbi inkai PPKI beranggotakan 21 orang,yang berasal dari berbagai macam etnis,yang berasal dari: 3 orang dari Sumatra, 12 orang dari Jawa, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Kalimantan, 1 orang dari maluku, 1 orang dari Nusa Tenggara, dan 1 orang dari Tionghoa.

Pada tanggal 9 Agustus 1945 Jenderal Terauchi memanggil 3 tokoh nasional untuk pergi ke dalat Vietnam untuk menerima informasi mengenai kemerdekaan indonesia yaitu Ir.Soekarno,Dr. Radjiman wedyodiningrat dan Drs. Mohammad Hatta,namun setelah pertemuan diadakan PPKI tidak dapat bertugas karena golongan pemuda ingin merdeka bukan atas PPKI,karena nanti dianggap kemerdekaan Indonesia diberi oleh jepang.

Sidang pertama PPKI

 

Sidang PPKI dilaksanakan setelah proklamasi kemerdekaan, pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI memutuskan antara lain:

1.mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945,

2.memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai presiden Republik Indonesia dan Drs. M. Hatta sebagai wakil presiden Republik Indonesia

3.membentuk Komite Nasional untuk membantu tugas presiden sebelum DPR/MPR terbentuk.

Berkaitan dengan Undang Undang Dasar, terdapat perubahan dari bahan yang dihasilkan oleh BPUPKI, antara lain:

1.Kata Muqaddimah diganti dengan kata Pembukaan.

2.Pada pasal 6:1 yang semula berbunyi Presiden ialah orang Indonesia Asli dan beragama Islam diganti menjadi Presiden adalah orang Indonesia Asli

3.Pada pembukaan alinea keempat anak kalimat Ketuhanan, dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya diganti dengan Ketuhanan yang Maha Esa.

4.Pada pembukaan alinea keempat anak kalimat “Menurut kemanusiaan yang adil dan beradab” diganti menjadi “kemanusiaan yang adil dan beradab”.

 

Sidang kedua PPKI

 

PPKI mengadakan sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945. Sidang tersebut memutuskan hal – hal berikut:

1.Membentuk KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)

2.Membentuk 12 departemen dan menteri – menterinya.

3.Menetapkan pembagian wilayah Republik Indonesia atas 8 provinsi beserta gubernur – gubernurnya

untuk selanjutnya yaitu peristiwa Rengasdengklok dan Proklamasi kemerdekaan indonesia akan dijelaskan pada postingan selanjutnya,sekian terima kasih telah berkunjung di website kami dan sampai jumpa…

 

Related posts

Ilyushin Il-2 Shturmovik,Tank Terbang Dari Uni Soviet

fahmi yafahmi

Simo Hayha,Si Maut Putih Dari Finlandia

fahmi yafahmi

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945

fahmi yafahmi

Leave a Comment

error: Hayo te nyolong yo