WIBUSNI.ID
UMUM

Ledakan Dahsyat terjadi di Beirut Lebanon melukai ribuan orang

Ledakan besar melanda Beirut tengah pada hari Selasa, melukai ribuan orang dan meledakkan jendela di gedung-gedung di seluruh kota. Ledakan di dekat pelabuhan Beirut mengirimkan gelombang kejut berbentuk awan besar jamur, membalik mobil dan merusak bangunan jauh. Itu terasa sejauh Siprus, ratusan mil jauhnya, dan terdaftar sebagai gempa bumi berkekuatan 3,3 di ibukota Lebanon. Setidaknya 73 orang tewas dalam ledakan itu, kata Menteri Kesehatan Hamad Hassan, menurut stasiun televisi nasional TeleLiban. Dia mengatakan kepada wartawan sebelumnya bahwa setidaknya 2.750 orang telah terluka.

Ada laporan yang saling bertentangan tentang apa yang menyebabkan ledakan itu, yang pada awalnya disalahkan pada kebakaran besar di sebuah gudang untuk petasan di dekat pelabuhan, menurut kantor berita pemerintah Libanon NNA. Direktur direktorat keamanan umum kemudian mengatakan ledakan itu disebabkan oleh “bahan peledak tinggi yang disita bertahun-tahun yang lalu,” tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Investigasi atas ledakan diumumkan oleh Perdana Menteri Libanon Hassan Diab. Penyelidikan akan mencakup “wahyu yang akan diumumkan tentang gudang berbahaya ini yang telah hadir sejak 2014,” katanya, tanpa memberikan rincian tambahan. Ledakan mematikan “tidak akan berlalu tanpa pertanggungjawaban,” katanya dalam pernyataan yang disiarkan televisi, menambahkan bahwa “mereka yang bertanggung jawab akan membayar untuk apa yang terjadi.”

Dikirim oleh Karl pada Selasa, 04 Agustus 2020

rumah sakit darurat dibanjiri dengan yang terluka, sementara Palang Merah Lebanon memohon kepada publik di Twitter untuk sumbangan darah untuk membantu yang terluka. Salah satu rumah sakit utama Beirut, Hotel Dieu, menerima sekitar 400 pasien yang terluka.
Ledakan itu merusak bangunan di seluruh kota, termasuk kediaman resmi presiden Libanon, markas mantan Perdana Menteri Saad Hariri di pusat kota Beirut. Rumah sejauh 10 kilometer rusak, menurut saksi, dan bahkan orang-orang di pulau Siprus yang jauh merasakan ledakan itu, menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC).
Sumber: CNN

Related posts

TEMAN YANG BAIK

kotoha

Sejarah Idul Adha, Nabi Ibrahim Diperintahkan Sembelih Anaknya Ismail

kotoha

Ini tanda kamu termasuk golongan “toxic people” !

kotoha

Leave a Comment

error: Hayo te nyolong yo